Rabu, 23 Februari 2011

Sejarah Singkat Pontren Alkhairaat





Al habib Idrus Bin Salim Aljufrie atau yang dikenal secara umum pada masyarakat Sulawesi Tengah dengan sebutan "Guru Tua "
mendirikan sebuah gedung baru pada tahun 1953 yang pada mulanya bernama
Madrasah Muallimin.

Madrasah Muallimin
dengan masa studi 3 tahun dan mengharuskan siswanya menguasai bahasa arab pada saat
tamat .Madrasah inilah yang kemudian berubah nama menjadi
Madrasah Aliyah Alkhairaat Pusat Palu. Madrasah Aliyah Alkhairaat berdiri pada tanggal 1 Agustus 1958 ,tahun 1979 status terdaftar dan terakreditasi disamakan tahun 1999 hingga pada tahun 2007 terakreditasi B. Madrasah Aliyah Alkhairaat dipimpin pertama kali oleh K.H.S.Saggaf Aljufrie cucu dari
pendiri Alkhairaat dan saat ini Kepala Madrasah dijabat oleh Drs.Moh.Farhan
yang juga merupakan alumni dari Madrasah Muallimin.

Pada awalnya Madrasah ini langsung menugaskan alumninya ke cabang-cabang Alkhairaat di seluruh Indonesia. Jumlah mata pelajaran yang diberikan diadakan perbandingan 75 %pendidikan agama islam dan 25 % pendidikan umum. Untuk melengkapi guru pendidikan umum juga berpartisipasi guru negeri dari sekolah lain maupun guru non muslim.

Madrasah yang pada mulanya hanya berupa gedung biasa saja kini telah berubah menjadi
gedung sekolah dengan fasilitas lengkap.Madrasah Aliyah Alkhairaat menjadi madrasah Aliyah terlengkap di propinsi Sulawesi Tengah.Dan Alhamdulillah telah menamatkan siswanya dan diterima oleh perguruan tinggi negeri /swasta maupun perguruan tinggi luar negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar